Senin, 04 Oktober 2010

antara sekolah,kuliah dan kerja "maybe" the last part

kayaknya kerja tu adalah akhir tujuan dari anak2 yg udah nempuh pendidikan.
yap, seorang anak disekolahin orang tuanya tinggi2 biar besok dimasa depannya si anak punya kehidupan yg baik. salah satu tujuannya ya seperti yg aku bilang di tulisan sekuel yg pertama "dapet kerjaan yang bagus". anak2 kejar2an berlomba2 cari nilai bagus, cari IP bagus katanya sih biar gampang cari kerja. pdhl menurut aku kinerja seseorang tu ga cukup diliat dr IP doank! emang sih sebagai mahasiswa yg baru mentas dan blm punya pengalaman kerja IP menjadi kekuatan utama buat ngeamar kerja. klo IP kamu bagus trus akhirnya kita diterima kerja tapi ditengah2 kerja kinerja kita ternyata mengecewakan ujung2nya kamu jg bakal dipecat sama si bos,klo ga ya kmu stuck aja di satu posisi, bukan bermaksud sotoy meeen, tp itu yg sering aku denger dr orang2 tua gituu.. hehehe
kayaknya simpel aja gitu ya pikiran orang dlm menjalani rutinitas hidup : lahir, balita, masuk TK, sekolah SD, SMP, SMA, kuliah, kerja, mapan, nikah, punya anak, lansia, liat anak2 sukses, mati. done, selesai hidup kita :)
hampir semua orang punya harapan kayak gitu termasuk saya sendiri :)
aku belom kelar kuliah sih, tapi alhamdulilah aku dah pernah ngrasain gimana susahnya kerja.dulu pas liburan lulus SMA prnah nekat nyoba2 kerja di slh satu resto dan saya lgsung keluar krn bosnya ga punya akal sehat dan ga punya hati nurani hehehe 
 skrg kerjaku masih freelance ngikut EO pny sodara, blm sepenuhnya buat ngehidupin diri sendiri cuma sebatas buat tambah2 uang saku aja sama ngerasain pengalaman kerja sedini mungkin. ternyata yg namanya kerja ga segampang apa yg dibayangi anak2 sekolah! 

mau share aja nih pengalamanku pas dpt job di event salah satu produk susu bayi. dimana kerjaanku mirip2 dikit lah sama orang kantoran yg bagian administrasi, hehehe
tu eventnya penukaran kemasan susu sm merchandise  dan aku dibagian officernya. 
kerjaanku menuntut buat aku basa basi sama ibu2 rempong yg kadang bawa pasukan anak2 yg uuuu "lucu2" banget gitu hmmh... =,=
sebenernya males sih, bukan gue banget gitu basa basi apalagi sama anak kecil =,=
tapi abis dari situ aku jd tau dan sadar basa basi tu ternyata penting banget buat ngejalin hubungan baik sama orang lain. 
selain itu kerjaan juga bikin aku ketemu macem2 orang dgn watak yg beda2. belom pernah kan kalian ngerasain sendiri gimana rasanya ngadepin customer yg resek, bawel, galak, plus dimaki2 sama customer tadi? belom pernah juga kan kalian dimarahin atasan gr2 bkin "sedikit" kesalahan ?
kalian harus merasakan sendiri besok! hahahahahaaa
disamping itu kendala yg ga kalah dilematis dimana struk penukaran sama kemasan yg ditukerin sama konsumen harus imbang gak boleh kurang satupun, nah ini nih masalahnya kadang ada ibu2 yg kurang satu kemasan/struk gitu otomatis aku harus nolak tapi ibu2 itu ngeyel, kalo aku pribadi sih bisa2 aja nrima tapi bisa2 atasanku yg ngamuk2 !
ckckckck dilematis kan?

kalian sekali2 harus ngerasain deh tu yg namanya kerja, tp buat mahasiswa sih klo bisa freelance aja biar ga ganggu kuliah. klo menurutku penting lho buat ngebangun mental dan manajemen waktu.
kamu bakal ketemu berbagai macam watak orang, itu yg paling utama karena dalam sekolah dan kuliah kita cuma ketemu temen kita yg cuma itu2 aja jadi ya kita taunya cuma yg gitu2 aja! 
prinsipnya kerja tu "tau apa yg harus kamu lakukan!"

byk anak kuliahan yg ga mau ambil kerja sambilan gara2 :
  1. mau konsen kuliah ato kuliahnya padet banget dan takutnya ga bisa bagi waktu alhasil kuliah berantakan.  wah klo ini alesan mutlak yg ga bisa diganggu gugat karena eh karena biar gimana puuun kita tu kuliah bayar, dan ityu amanat dr orang tua. ga mungkin donk kita ngecewain orang tua dengan kuliah yg amburadul bahkan sampe DO
  2. ga boleh sama orang tua. ini juga wajar soalnya kita sebagai anak harus nurut sama orang tua :)
  3. ngerasa orang tua masih bisa ngebiayain,padahal orang tua ngasih ijin. ini nih yg perlu diwaspadain dan bikin kita jadi ketergantungan dan seenaknya minta duit orang tua. takutnya ini kebawa sampe besok tua,
  4. gengsi kalo ketemu temen pas lg kerja. why?? kenapa mesti malu?? kita kerja jg halal,harusnya kita bangga donk bisa dpn duit sendiri
  5. males gara2 gaji kecil. heloooo... kita masih kuliah dan masih tanggungan orang tua jd knp harus ngerasa tu gaji kecil? take it easy sista/brader kerja sampingan anggep aja buat pengalaman bukan "money oriented" karena seperti aku bilang di post sblmnya, belajar bukan cuma duduk, dengerin dosen, nulis, uian, quis dll 

okaay brader sista tulisan diatas cuma pendapat saya pribadi, kalo ada yg kagak suka ya mo'on maap, inilah saya :)
last but not least semua keputusan ada dikamu "do what you have to do and what you wanna do"




Tidak ada komentar:

Posting Komentar