Rabu, 29 September 2010

antara sekolah,kuliah dan kerja "the sekuel"

kemaren ada salah satu temen saya yang resek dan usil yang komentar "ini judulnya antara sekolah,kuliah dan kerja tapi kok yg ditulis cuma sekolah ? bla bla bla" yaa gitu deh kalo orang ga bisa nulis blog gara2 modemnya lemot jadi cuma komentar! hahahahhaha (buat yg tersinggung piss wae mbak, santai lhooo meeennnn!!)
ini nihh lanjutan blogku yg kemaren gara2 capek abis  ngerjain tugas ekonomi makro yg lumayan menguras otak jadi blogku cm jadi setengah.

KULIAH


ini nih yg namanya kuliah..
dari gambar preview yg tak tampilken itu udah keliatan kan bedanya ama yg namanya sekolah
ini nih bedanya :
  • dosen lebih banyak ngomong,jarang ada latian2 soal yg kaya dikasih sm guru
  • boleh pake baju bebas beda sm sekolah yg pake putihmerah,putihbiru,putihabu2
  • kalo ngantuk jg kagak ada yg gagas ga kayak sekolah kalo rame dikit guru marah2nya lebai ampe mempermalukan murid didepan temen2nya
  • mahasiswa harus aktif tanya2 kalo ga mau sesat dijalan karena blm tentu juga apa yg diajarken dosen keluar pas ujian
  • kriteria penilaian tiap dosen tu beda tergantung watak dan sifat dosen,ada dosen yg pelit, aneh, ada yg nilai cuma dari tugas, ada yg cuma dari nilai ujian, ada yg ga suka ama mahasiswanya trus mahasiswanya dikasih nilai jelek gitu pokonya kalo mau sukses pelajari deh tu watak dosen ga kaya guru yg lebih profesional dan lebih objektif
  • kalo kamu bolos kuliah kaga ada yg nyariin, ga kaya guru BP yg sampe nyamperin ke rumahmu kalo kamu mbolos 3hari berturut turut.
  • semua tanggung jawab tu sepenuhnya ada di kamu, mulai dr daftar ulang, ngurus administrasi dll misal nilaimu jelek jg gimana usaha kamu biar nilainya bagus lg, bisa dengan merayu dosen bawa gula teh kerumahnya, berlutut sampe sujud2 pokoke gimana usahamu lah!
gitu deh kira2 bedanya sekolah sama kuliah, yg belom pernah ngerasain pasti bakal mikir deh kalo kuliah tu enak,bebas, bisa maen2 kapan aja. gitu kan?? aku dulu juga sempet mikir gitu.
tapi setelah ngalamin sendiri dan masuk dunia perkuliahan baru tau deh ternyata byk hal yg ada diluar bayangan, boro2 maen bobo siang aja jarang2 gara2 tugas numpuk apalagi kalo udah ada yg namanya praktikum beeeuh bisa pusing tuju keliling mulai dari dikejar deadline laporan sampai urusan sama coass praktikum yg kadang2 banyak tingkah (buat mbak mas coass piss wae yaa ^^) 
menurut pandangan aku nih, (jiah gaya bener dah tu) yg kuliah tu ga cuma melulu duduk dikelas dengerin ceramah dosen, ngerjain tugas, belajar, trus ujian. kuliah disni kita dituntut untuk lebih mandiri dan tanggung jawab karena ga main2 deh, kita udah berada sangat dekat dgn masa depan kita dan bertanggung jawab penuh atas masa depan kita. gimana masa depan kita sebagian besar tergantung sama tingkah laku kita semasa kita kuliah ini. pelajaran hidup dan pengalaman juga ga kalah penting sama ritual perkuliahan. semua itu bisa kita cari dgn berbagai cara contohnya ikut organisasi. lewat organisasi kita minimal kita bisa belajar tanggung jawab dan tau gimana cara kerja yg bener walopun cuma simulasi untuk dunia kerja.

kira2 kayak gitu deh pandanganku tentang masa kuliah. 
gimana masa depan kita tergantung dari kita sendiri, kita bertanggung jawa penuh atas masa depan kita, bukan tanggng jawab oorang tua, sodara, teman, bahkan pacar atau suami sekalipun :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar