Sabtu, 16 Oktober 2010

sebuah pekerjaan berat, berjasa tapi selalu diabaikan bahkan dicaci maki dan dipandang sebelah mata

mw share dikit mgkn ada sedikit cerita2 yg ga penting juga, tentang kegiatan saya hari ini, saya dapat mengambil suatu pelajaran berharga dimana kita harus menghargai sekelompok kaum kecil yg memiliki tugas sangat mulia : petani
and you know what apa yg saya lakukan tadi siang??
yakk benar sekali :
saya bertani sodara2 !
bertani, tampaknya adalah pekerjaan yg simpel, tinggal nanem, tumbuh, panen, dijual deh dapet duit!
dan saya hari ini mencoba posisi menjadi seorang petani lewat mata kuliah tekhnik budidaya tanaman.
mulai dari nyangkul, nyebarin pupuk kandang, nyabut2in rumput, ngukur jarak tanam dll.
dr pekerjaan2 itu yg paling aku seneng adalah : taraaa nebar pupuk kandang! hahaha ga tau kenapa, biasanya aku orangnya jijikan, pas nebar pupuk kandang awalnya jijik sih, tapi setelah ngelakuin rasanya puaasss bgt krn bisa ngalahin rasa jijik, pikirku, ngapain jijik toh juga kita ngluarin kotoran ky gtu! yakan? hahaha dan saya bisa nge ceng-cengin temen2 yg gilo ama pupuk kandang tadi hahaha payaaaaaaaaah!
dan itu semua jauh dari yg namanya pekerjaan enak you know!
karena kerjaan itu main fisik, dan perlu insting yg kuat.
ini foto temenku yg ngaku boyoknya muntir2 gara2 macul2! hahahaha
pada gaya2 bnere daaah mau kesawah doank juga! XD

kita baru ngerjaiin lahan ukuran 2x3m aja badan rasany udah mau lepas2, gimana pak tani yg ngerjain lahan berhektar2, bikin terasering dll?
belum lagi resiko gagal panen gara2 serangan hama, iklim yg ga nentu, kondisi tanah yg mulai ga sehat gr pemakaian pupuk kimia, harga produk yg naik turun dll.
bener2 salut deh sama pak tani !
kadang saya mikir, dgn resiko kegagalan yg lebih besar drpd resiko keberhasilannya serta byknya kebijakan2 yg gak memihak pada mereka, kenapa ya pak tani pak tani itu masih mau jadi petani?
apa krn mereka pasrah pada nasib gr2 ga ada pekerjaan lain, atau emg hidupnya udah ia dedikasikan sepenuhnya pada dunia pertanian?
apapun alasannya yg jelas bagi saya pribadi, petani itu pekerjaan yg amat sangat mulia.
kalo ga ada mereka kita mau makan darimana??
sering saya dengar orang2 yg berpikiran sempit berkata "ngapain kuliah tinggi kalo akhrinya cuma macul disawah?"
seakan2 bertani adalah sebuah pekerjaan yg hina, mereka yg berpikir seperti itu saya rasa adalah orang2 yg tidak mengerti arti sebuah perjuangan dan kerja keras, yg mereka tahu hanya kerja kantoran!
dulu waktu saya tinggal dirumah petani selama beberapa hari, mereka bercerita bahwa pekerjaannya itu bertujuan untuk menhidupi keluarga dan juga mereka ingin pekerjaannya berguna bagi orang banyak.
itulah hal yg jarang dipikirkan orang2 kebanyakan, "berguna bagi orang banyak".

pada dasarnya,tugas kita mahasiswa pertanian adalah membantu memajukan kaum petani, bersikap kritis ttg pertanian indonsia yg tragis, peka terhadap masalah2 mereka dan membantu mengatasi kesulitan2 mereka.
tapi faktanya banayak mahasiswa pertanian yg mendedikasikan pekerjaannya untuk kerja kantoran, jadi pegawai bank, pegawai negri, dan pekerjaan2 yg elit. termasuk saya.
ask me why??
tanya kenapa??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar