Minggu, 03 Juli 2011

mensyukuri kekurangan

 saya kembali membaca buku ini :


kebetulan saya loncat halaman dan membuka sembarang halaman ketemulah halaman yang memuat cerita yang berjudul " Mensyukuri Kekurangan".
ceritanya sebagai berikut, singkat saja :

setelah melangsungkan upacara pernikahan, seorang mertua memanggil menantu lelakinyauntuk berbincang- bincang.
kurang lebih perbincangan tersebut seperti ini :

mertua : kamu mungkin sangat mencintai anak saya dan mungkin kamu berpikir bahwa dialah wanita terhebat di dunia.

menantu : dia begitu sempurna dalam segala hal.

mertua : itulah yang kau rasakan ketika baru menikah, namun setelah beberapa tahun kamu akan melihat lebih banyak kekurangan-kekurangan anak saya. saat kamu mulai menyadari hal itu saya ingin kamu ingat ini , " jika dia tidak punya kekurangan-kekurangan itu, dia mungkin sudah menikah dengan orang lain yang jauh labih baik dari kamu.

begitulah perbincangan yang terjadi antara mertua dan menantu itu. esensi dari perbincangan tersebut adalah menerima kekurangan. dimana kita seseorang sesempurna apapun bentuknya pasti memiliki kekurangan dan itu mutlak tanpa bisa kita pungkiri.
seringkali kita salah kaprah menilai pasangan kita, dimana ketika kita menemukan kekurangan darinya kita malah menghindarinya dan berusaha meninggalkannya. bahkan yang lebih salah lagi kita menuntutnya secara tidak wajar untuk berubah seperti apa yang kita mau. padahal jika kita menilik pada pribadi kita masing-masing, percayalah, kita jauh dari sempurna, bahkan mungkin jauh lebih tidak sempurna dari apa yang kita dakwakan pada pasangan kita.

mengenai kata-kata : "jika dia tidak punya kekurangan-kekurangan itu, dia mungkin sudah menikah dengan orang lain yang jauh labih baik dari kamu" ini merupakan bagian terpenting dari cerita ini, intinya ketika kita merasa klik dengan seseorang dan merasa dia yang terbaik, berusahalah untuk menerima kekurangannya karena bisa jadi anda ditakdirkan untuk melengkapi kekurangannya begitupun sebaliknya, karena jika dia adalah orang yang tidak memiliki kekurang-kekurangan mungkin dia sudah berada di sisi orang lain yang jauh lebih baik dari anda, karena sesungguhnya anda pun juga memiliki kekurangan yang akan dilengkapi oleh pasangan anda.

jadi jika saat ini anda berpikir dan beniat untuk meninggalkannya karena beberapa kekurangan dalam dirinya, coba ingatlah, coba flashback kembali bayangkan ketika anda merasa bahagia disampingnya, berapa kali dia membuatmu tersenyum, bayangkan waktu yg ia korbankan untuk anda agar anda merasa lebih baik ketika anda sedang terpuruk.

1 komentar:

  1. wahh wahhh lg nyadarr akuu ....
    beteweee kog potoku iso-isone nongol ng ngisor kui pie ??????

    BalasHapus